Sunday, June 16, 2013

Jelajah Kampung Sade Suku Sasak Lombok

Mengunjungi Pulau Lombok tidak lengkap tanpa mengunjungi sebuah perkampungan tradisional suku sasak, satu-satunya yang masih terjaga keutuhannya dan menjadi situs budaya suku asli lombok. Bernama kampung Sade, ditinggali oleh masyarakat asli yang masih menjalani hidup secara tradisional dalam rumah-rumah beratap ilalang dan berlantaikan tanah liat yang telah keras, namun didalam rumah terasa sangat sejuk dan nyaman. Karena dijadikan salah satu tujuan wisata, penghuni kampung sade memiliki beberapa pemuda yang dilatih untuk menjadi tur lokal, paling-paling anda sebagai tanda terima kasih memberi seikhlasnya.
 
Orang Jualan

BaRang Dagangan

Merekalah yang akan memandu kita mengelilingi kampung dan memberikan informasi-informasi berharga tentang kehidupan suku sasak yang hidup dalam komunitas tersebut. 

Dalam Rumah Suku Sasak
Dapur
Kamar melahirkan
nenek berjualan
Rumah
Menjelaskan pada tamu
Bale

Sebelum memulai tur anda diwajibkan untuk mengisi buku tamu dan apabila tertarik dengan barang jualan, anda tidak perlu sungkan menawar tapi jangan kanget, harga yang disebutkan relatif mahal namun tergantung kepandaian menawar tentunya. Namanya juga jual beli, pastilah semua ingin mendapatkan profit semaksimal mungkin, begitu...agar lebih lengkap dan informatif silakan dinikmati foto-fotonya..hehehe...

No comments: