Tuesday, February 11, 2014

Perbaikan Jalan Rusak dengan alokasi 2,1 T

"Bencana banjir di berbagai wilayah di tanah air berdampak juga pada infrastruktur. Kementerian Pekerjaan Umum pun mengalokasikan Rp 2,1 triliun untuk perbaikan infrastruktur yang rusak karena banjir itu.Perbaikan tersebut menggunakan anggaran reguler dengan alokasi Rp 2,1 triliun termasuk di dalamnya untuk program tanggap darurat," ungkap Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, di Senayan, Jakarta, Selasa (11/2/2014).

Djoko mengatakan jalur pantai utara Jawa dan jalan lintas timur Sumatera yang adalah tulang punggung transportasi perekonomian Indonesia, sehingga perbaikan keduanya menjadi prioritas utama Kementerian Pekerjaan Umum."
Begitu bunyi berita yang saya baca pagi ini di Kompas.com. Jujur saya sedikit kecewa, eh bukan kecewa berat, karena jalan negara kalimantan sama sekali tak di sebut oleh beliau, padahal kondisi jalan negara kalimantan barat pada tahun awal tahun 2014 sangat memprihatinkan sekali..ini gambar yang saya dapat dari beberapa link berita tentang jalan negara di prov kalbar.

Jalan putussibau-sintang
sanggau -sekadau






ya secara kasat mata, bisa membandingkan sendiri kan..betapa jauh bedanya jalur pantura dengan lintas kalimantan, kalau alasannya karena pulau jawa penghasil terbesar pendapatan negara..ya kurang tepat juga ya, gimana daerah lain mau maju secara ekonomi dan mampu jadi pesaing pulau jawa kalau tidak di dukung dengan infrastruktur yang baik?


"infrastruktur merupakan roda penggerak pertumbuhan ekonomi. Dari alokasi  pembiayaan publik dan swasta, infrastruktur dipandang sebagai lokomotif  pembangunan nasional dan daerah. Secara ekonomi makro ketersediaan dari jasa pelayanan infrastruktur mempengaruhi marginal productivity of private capital, sedangkan dalam konteks ekonomi mikro, ketersediaan jasa pelayanan infrastruktur berpengaruh terhadap pengurangan biaya produksi (Kwik Kian Gie, 2002)".


Infrastruktur mengacu pada sistem fisik yang menyediakan transportasi, air, bangunan, dan fasilitas publik lain yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia secara ekonomi dan sosial (Tanimart, 2008).


Menurut Grigg (dalam Tanimart, 2008) enam kategori besar infrastruktur sebagai berikut: 1. Kelompok jalan (jalan, jalan raya, jembatan) 2. Kelompok pelayanan transportasi (transit, jalan rel, pelabuhan, bandar udara) 3. Kelompok air (air bersih, air kotor, semua sistem air, termasuk jalan air) 4. Kelompok manajemen limbah (sistem manajemen limbah padat) 5. Kelompok bangunan dan fasilitas olahraga luar 6. Kelompok produksi dan distribusi energi (listrik dan gas)

 .
Demikian beberapa teori yang saya baca terkait hubungan infrastruktur dengan pertumbuhan ekonomi dan sosial, menyatakan hubungan yang kuat antara belanja infrastruktur daerah terhadap perekonomian masyarakat di daerah tersebut dan saat ini saya juga sedang membuat..sambungg

DAFTAR PUSTAKA/SUMBER/LINK







No comments: