Wednesday, September 22, 2010

Keindahan Alam Lintas Utara Putussibau-Badau

Kawasan lintas utara yang merupakan kawasan terdekat dengan perbatasan malaysia di kabupaten kapuas
hulu di masa lalu terkenal dengan aktivita illegal loggingnya dan pernah menjadi daerah yang menjadi tujuan pencari kerja dari berbagai daerah-daerah lainnya bahkan dari luar kalimantan.



Bagi yang rajin membaca berita, pasti tahu siapa pengusaha kayu negara tetangga itu yang merajai aktivitas penebangangan kayu secara illegal. Sepanjang lanjak dan badau berdiri banyak sawmill dan setiap harinya ratusan truk pengangkut kayu melewati jalan lintas utara dan mengakibatkan jalan tersebut rusak berat.


 
Tetapi aktivitas tersebut dihentikan dan apeng menjadi buronan hingga hari ini, kawasan tersebut menjadi kawasan yang lenggang dari aktivitas ekonomi.


Namun perlahan-lahan tapi pasti kawasan ini mulai menampakkan keindahan alamnya yang luar biasa. Sepanjang jalur lintas utara terdapat banyak sungai jernih dan berbatu-batu.



dibeberapa tempat ada air terjun dan yang paling terkenal adalah terdapat dua taman nasional berskala internasional yang semakin mengukuhkan kabupaten kapuas hulu sebagai kawasan konservasi hutan.

No comments: