Friday, October 8, 2010

Banjir di Kapuas Hulu

Banjir kali ini adalah banjir terbesar setelah dua kali banjir lainnya di tahun 2010 ini. Yang terakhir sebelumnya terjadi di bulan agustus tetapi hanya satu hari, airnya surut dan hanya bagian-bagian tertentu yang terendam air.

Kali ini, hampir semua tempat merata digenangi air bahkan kediamanku termasuk daerah tinggi yang setauku hampir tidak pernah digenangi air, kali ini air sudah menyentuh lantai dan merendam garasi motor.


Menurut informasi yang ku dengar, hampir seluruh kota kecamatan yang berdiam disepanjang aliran sungai kapuas terendam banjir bahkan ada yang sudah sampai ke atap dan banyak masyarakat lokal yang terpaksa harus mengungsi, bagi yang rumahnya bertingkat masih bisa bertahan dengan logistik seadanya.

Syukurlah bahwa masyarakat sudah cukup beradabtasi dengan kejadian-kejadian seperti ini dan memiliki transportasi air yang bisa digunakan untuk menyuplai logistik bagi keluarga mereka dan orang-orang yang membutuhkan.


Kondisi ini sangat mencemaska, karena cuaca yang selalu hujan mengakibatkan sungai kapuas meluap melebihi daya tampungnya. Entah, apakah besok air sudah bisa turun atau belum tetapi biasanya air hanya akan bertahan paling lama 3 hari.

No comments: